Pages

Kamis, 07 September 2017

Telaga Wurung

Telaga wurung, telaga ini juga merupakan obyek wisata tirta/air yang terdapat di Magetan, menuju kawasan wisata air ini berjarak kurang lebih sekitar 2 km arah timur Telaga Sarangan. Telaga wahyu / Telaga wurung  mempunyai keluasan sekitar 10 hektar dan mempunyai kedalamanmencapai  16 meter. Telaga alam ini, selain memiliki pemandangan alam yang indah, sengaja diberi ber- bagai macam jenis bibit ikan, untuk memuaskan pengunjung yang hobi memancing.
Memang nama Telaga Wurung seakan tenggelam di bawah nama Telaga Sarangan. Jika pengunjung menuju ke Telaga Sarangan dengan berkendara dari arah Magetan menuju lereng Gunung Lawu, akan ditemui Telaga Wurung terlebih dahulu sebelum Sarangan. Telaga Wurung tempat rekreasi mancing dan perkemahan ini tak memungut bayaran.
Ada yang menghambat wisatawan berkunjung ke Telaga Wurung. Disebabkan adanya mitos yang telah dipercaya oleh sebagian masyarakat setempat,  jika sepasang kekasih merajut cinta di lokasi itu, hubungan dan kisah cinta mereka tidak akan kekal. Mitos inilah yang menyebabkan keengganan pengunjung untuk berwisata ke Telaga Wurung.  Mitos tersebut  itu jugalah, sehingga Telaga Wurung disebut sebagai Telaga Wurung yang dalam bahasa Jawa artinya tidak jadi.
Namun mitos tersebut lambat laun pupus. Apalagi warga desa ingin menghidupkan Telaga Wurung sebagai tujuan wisata. Niatan itu dipelopori oleh warga desa dengan membuka persewaan kapal berbentuk bebek yang dikayuh.
Pemerintah Kabupaten Magetanpun gencar menjadikan Telaga Wurung sebagai tempat festival mancing se-Jawa Timur setiap tahun. “Telaga Wahyu meninitikberatkan pada kegiatan memancing untuk membedakan dengan Telaga Sarangan,” ujarnya. Disparbudpora Magetan mencatat, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Magetan pada 2010 mencapai 467.000 orang.(ern)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates